Sunday, February 12, 2012

Bereksperimen Toko Online Dengan Hosting Gratisan

Jangan buru-buru membeli hosting dan domain berbayar sebelum anda yakin betul bahwa toko online anda sudah siap dipublish. Salah satu caranya adalah dengan bereksperimen dulu dengan hosting gratisan, baru jika sudah siap tampilan dan produk2nya, maka barulah anda memesan domain dan hosting berbayar. Atau, jika anda tidak berniat membeli domain, anda tetap bisa berjualan dengan menggunakan hosting gratisan tersebut.

Salah satu hosting yang saya rekomendasikan untuk dibuat tempat eksperimen adalah www.000webhost.com. Selain memberikan kapasitas hardisk yang besar (1500MB), kita juga diberikan control panel untuk mengatur hosting kita sendiri layaknya hosting berbayar. Fasilitas2 yang lain termasuk database (MySQL), file manager, ftp dan lain2 juga disediakan.

Hanya saja, jika menggunakan domain yang disediakan 000webhosting, kita tidak bisa semau kita menggunakan nama domain. Artinya nama domain kita tidak bisa www.namaanda.com, tapi ada tambahan dibelakangnya, misalnya www.namaanda.comeze.com. Namanya menjadi tidak menarik, kan gratisan, masak mau enak terus. Makanya, saya hanya menyarankan untuk belajar atau eksperimen. Jika anda serius mengelola toko online, maka saya sarankan anda untuk membeli domain dan hosting berbayar jika sudah menguasai.


O iya, hosting ini bisa digunakan untuk tujuan apapun, tidak terbatas pada toko online saja. Jadi bisa digunakan untuk website, e-learning dan lain-lain.
Menarik bukan untuk dicoba? Selamat mencoba...! :)

No comments:

Post a Comment