Tuesday, March 26, 2013

5 Plugin Yang Wajib Dimiliki Oleh Toko Online Wordpress



Salah satu kelebihan toko online menggunakan Wordpress adalah tersedianya begitu banyak plugin dengan fungsi yang beragam. Plugin tersebut dibuat oleh pihak ketiga ataupun tim Wordpress sendiri. Diantaranya ada yang gratis maupun berbayar.
Plugin-plugin tersebut dapat kita maksimalkan untuk kepentingan operasional toko online kita. Dari ratusan plugin yang ada, setidaknya ada 5 plugin yang wajib terinstall pada toko online wordpress anda.
Plugin tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Akismet
Plugin Akismet biasanya terinstal secara otomatis pada wordpress, namun jika ternyata anda tidak mendapatinya, anda bisa mendownloadnya di http://akismet.com/download. Fungsi dari plugin ini adalah untuk menangkap komentar spam. Anda tentu tidak ingin toko online anda berisi komentar-komentar yang tidak jelas bukan?
  1. All in One SEO Pack
Seperti judulnya, fungsi dari plugin ini adalah untuk meningkatkan rangking website anda dalam pencarian. All in one SEO Pack memungkinkan anda menuliskan title, deskripsi website, deskripsi post, keyword agar website anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Anda bisa mendownload plugin ini di http://bit.ly/wp-seo-pack
  1. Google XML Sitemap
Untuk melengkapi All in one SEO Pack, Google XML Sitemap digunakan agar mesin pencari lebih mudah dalam merambati dan mengindex website anda. Plugin ini akan membuat sitemap yang dimengerti oleh mesin pencari besar seperti Google, Yahoo dan MSN. Download link http://bit.ly/google-sitemaps
  1. WP-DB-Backup
Plugin ini digunakan untuk membackup konten website anda. Sehingga, jika terjadi kegagalan sistem, maka data-data anda tidak akan hilang. Lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal. Download link http://bit.ly/db-backup.
  1. WP-Polls
Plugin ini digunakan untuk mengetahui pendapat pengunjung website anda tentang suatu topik. Topik pertanyaan usahakan seputar produk yang anda jual, sehingga anda dapat memperoleh gambaran tentang profil pengunjung toko online anda. Misalnya jika anda berjualan pakaian, anda bisa membuat polling warna baju yang disukai.

Nah, jika plugin-plugin tersebut sudah terinstall, anda sudah benar-benar siap lahir batin mengelola toko online wordpress. Ada usulan plugin yang lain? Silakan tulis di komentar.

No comments:

Post a Comment