Monday, February 20, 2012

Toko Online Berbasis Wordpress Dengan WP e-Commerce (2)

Mari kita lanjutkan tutorialnya. Bagi anda yang belum membaca bagian pertamanya, silakan lihat disini. Pada bagian yang lalu kita telah menginstal wordpress 3.3 dan plugin WP e-Commerce. Namun, toko online masih belum bisa digunakan karena kita belum menginstal theme (tema tampilan) yang khusus digunakan untuk toko online. Untuk melakukannya, ikuti langkah2 berikut ini.


1. Download dulu salah satu theme untuk toko online wordpress dari wpfeed.com disini.

2. Loginlah ke halaman administrasi wordpress anda.

3.Kemudian arahkan mouse anda pada menu APPEARANCE di sidebar sebelah kiri, sampai muncul menu baru, kemudian klik Themes. Maka akan muncul halaman administrasi Themes, klik Install Themes pada tab bagian atas, seperti ditunjukkan pada gambar berikut.





4. Klik tulisan Upload (disebelah tulisan Search). Lalu klik Browse dan cari file yang anda download tadi. Jika sudah ketemu, maka klik Install Now.




5. Wordpress akan menginstall theme tersebut. Jika sudah selesai maka akan terlihat seperti ini.

6. Klik Activate untuk mengaktifkan theme yang barusaja terinstal. Coba anda lihat hasil website anda sekarang dengan mengetikkan alamat http://localhost/wordpress di browser, maka akan terlihat seperti ini.





7. Pada gambar diatas, toko online kita masih belum memiliki produk, sehingga tidak ada yang ditampilkan. Selanjutnya, masukkan produk anda dengan mengklik Product pada halaman administrasi.




8. Klik Add New, lalu isikan data-data produk anda sesuai dengan form yang tersedia. Kita akan membahas detail masalah pengisian produk ini pada postingan selanjutnya. Namun sementara ini anda bisa mencoba2nya sendiri.

9. Jika sudah memasukkan produk, kita bisa melihat hasilnya di browser menjadi seperti ini.




Mudah ya...Selamat mencoba :), pertanyaan dan komentar dipersilakan.

3 comments:

  1. terus cara upload di webnya gimana gan?
    thanks before for this amazing tutorial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cara upload paling cepat, zip dulu folder wordpresnya, lalu upload ke hosting anda, kemudian unzip file lewat cpanel hosting.

      Delete