Tuesday, February 14, 2012

Toko Online Berbasis Wordpress Dengan WP e-Commerce

Salah satu cara membuat toko online adalah dengan menggunakan mesin blog seperti Wordpress (WP). Hal ini disebabkan kelebihan WP yang bisa diinstall dengan beragam plugin dengan beragam fitur dan fungsi. Dalam hal toko online, ada plugin yang memang ditujukan untuk hal tersebut, yaitu plugin WP e-Commerce. Plugin WP e-Commerce adalah plugin yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh toko online di internet. Saat artikel ini ditulis, plugin ini telah didownload sebanyak 1,5 juta kali diseluruh dunia.

Pada tutorial kali ini, saya akan menunjukkan cara membuat toko online dengan menggunakan Wordpress versi 3.3 dan plugin WP e-Commerce. Bagaimana caranya? Ikuti langkah2nya berikut ini.

Persiapan
Tutorial ini akan mengajarkan anda membuat toko online secara localhost (di laptop/komputer). Karena memang demikian cara yang benar. Toko online disiapkan dulu secara lokal, baik tampilannya, produknya dan sebagainya. Jika toko online lokal sudah siap, maka kita bisa menguploadnya ke domain kita di internet. Saya akan menunjukkan cara upload toko online yang sudah jadi pada posting yang lain.

Untuk itu, saya menyarankan anda menginstall XAMPP di laptop/komputer anda. XAMPP memungkinkan anda memiliki web server dan database dengan instalasi yang mudah bagi beginner.

Langkah-langkah
1. Download Wordpress versi 3.3 disini.
2. Ekstrak file tersebut, lalu copykan hasil ekstrak (folder wordpress) ke folder htdocs dimana anda menginstal XAMPP (biasanya c:\xampp\htdocs
3. Buka browser anda, lalu ketikkan alamat http://localhost/wordpress untuk mulai proses instalasi. Maka, akan muncul halaman seperti dibawah ini.


4. Klik “Create a Configuration File” untuk melanjutkan proses. Muncul halaman berikut.


5. Klik “Lets Go” sehingga muncul halaman berikut.



6. Isikan nama database, beserta username dan password dari database anda yang akan dipakai untuk wordpress. Untuk itu, anda harus membuat database terlebih dahulu di MySQL. Jika anda belum tahu cara membuat database, lihat tulisan terdahulu saya disini. Jika sudah terisi, klik “Submit” sehingga muncul halaman berikut.



7. Semua sudah siap, klik “Run the install”. Tunggu sejenak sementara Wordpress melakukan proses instalasi. Jika proses instalasi sudah selesai, maka tampilannya akan seperti ini.



8. Isikan judul/title dari website anda, username, password dan email. Lalu klik Submit/Next sehingga muncul halaman seperti berikut.



9. Selamat, Wordpress tandanya sudah berhasil terinstal. Klik “Log In”, isikan username dan password yang tadi sudah diisi, lalu klik “Log In”. Muncul halaman berikut.



10. Halaman diatas adalah halaman administrasi website kita. Semua pengaturan website kita dilakukan melalui halaman ini. Baiklah sekarang kita akan menginstal plugin WP e-Commerce. Pada bagian menu sebelah kiri (sidebar), arahkan mouse pada tulisan “Plugins” sehingga muncul menu lagi disebelahnya, lalu klik “Add New”. Maka akan muncul halaman berikut.



11. Ketikkan “wp e-commerce” pada kota search, lalu klik “Search Plugins”. Maka akan muncul hasil pencarian plugin sebagai berikut.



12. Plugin WP e-Commerce dari Instinct Entertainment muncul sebagai hasil pencarian nomer satu. Klik “Install Now” untuk menginstal plugin WP e-Commerce. Jika instalasi plugin sukses, maka akan muncul halaman berikut.



13. “Activate Plugin” untuk mengaktifkan plugin.

Sampai disini Wordpress 3.3 dan plugin WP e-Commerce untuk toko online sudah terinstal dengan baik. Tapi proses masih belum selesai, karena toko online ini butuh tampilan (theme) khusus. Anda tetap dapat melihat website anda dengan alamat http://localhost/wordpress di browser anda. Tapi, sekali lagi, belum terlihat seperti toko online karena belum diinstal tampilan (theme) khusus.

Bagaimana caranya menginstal tampilan khusus toko online untuk wordpress kita akan dibahas pada bagian kedua (karena bagian ini sudah terlalu panjang), tunggu ya..:)

7 comments:

  1. Artikel yang bermanfaat ... ane coba dulu mastaa

    ReplyDelete
  2. halo mas, saya juangga dari lubuklinggau. Saya sangat tertarik membaca artikel toko online yang anda asuh. khusus wordpress. ringkasnya begini mas akhuna, saya sedang membuat website namanya linggau.tk :

    1. apakah kita bisa membuat toko online dengan themes biasa, bukan khusus untuk toko online?

    2. bagaimana mas, untuk membuat link page dengan subdomain? maksud saya begini mas, page pada themes linggau.tk : home, jobvacancy of indonesia, let's learn indonesia language, dll bila kita clik 'jobvacancy of indonesia' maka langsung ke subdomain site utama kita jobvacancy.linggau.jux.in. misalnya. tolong diberi pencerahannya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda login ke cpanel wp anda ,
      kemudian cari subdomain .

      lalu create subdomain

      semoga membantu

      Delete
  3. gann..itu no.5 form isian "DATABASE HOST : LOCALHOST" ga bisa, erorr mulu,,,tulisan yg muncul "Error establishing a database connection" gimana caranya yah biar ga eror? disuruh TRY AGAIN2 wae..gw ora mudeng gmn cara gantinya..mohon pencerahan sanget sanger sanget ya gann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Databasenya harus dibuat dulu di MySql. Atau jika sudah dibuat, pastikan service MySql nya aktif.

      Delete
  4. Mas kok tampilan di dashboard putih aja ya?semua pilihan gda yg muncul

    ReplyDelete