Monday, April 8, 2013

Membuat Form Kontak Pada Toko Online Wordpress



Website masih belum lengkap tanpa adanya form kontak. Secara umum, form kontak berfungsi untuk menjembatani pengunjung yang ingin menghubungi pemilik website. Memang bisa dilakukan dengan cara lain misalnya, SMS atau BBM. Namun, form kontak ini sedikit berbeda, komunikasi yang dilakukan cenderung lebih formal karena memungkinkan teks yang panjang. Dengan adanya form kontak ini, seolah-olah pengunjung menghubungi email, tanpa si pengunjung membuka email mereka.
Form kontak memiliki banyak tujuan. Misalnya, jika ada diantara pengunjung yang ingin membeli secara grosir dan meminta diskon. Atau, barangkali ada diantara pengunjung yang ingin menjadi reseller atau menjalin kerjasama bisnis dengan anda, dan lain sebagainya. Selain itu, adanya form kontak ini menunjukkan website anda tampak profesional.
Beberapa template tema (theme) sudah secara otomatis menambahkan form kontak, namun beberapa lainnya tidak. Jika kebetulan template anda tidak memiliki form kontak, ada beberapa plugin yang bisa anda pergunakan sebagai alternatif untuk membuat form kontak, yaitu:
1.      Wordpress Spamfree Contact Form
Untuk menggunakan plugin ini, buat page baru (bukan post), ganti ke mode tulisan ke mode HTML, lalu tambahkan tag berikut ini <!--spamfree-contact--> seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Simpan dan publikasikan halaman anda, dan lihat hasilnya. Form kontak anda sudah dapat digunakan. Plugin ini dapat di download di http://bit.ly/wp-spamfree.

2.      Contact Form 7
Jika anda memerlukan lebih dari satu form kontak pada halaman anda, maka anda akan membutuhkan plugin ini. Plugin ini sudah mendukung multi form, kustomisasi standard, Captcha support dan filter spam melalui akismet. Penggunaannya sama dengan contoh pertama, yaitu dengan membuat page (halaman) baru, dan menambahkan tag berikut:
[contact-form 1 “Contact Form 1”].  
Anda bisa mendownload plugin ini di alamat http://bit.ly/contact-form-7

3.      Cforms II
Jika anda memerlukan kustomisasi yang melebihi standar pada form anda, anda akan membutuhkan plugin cforms II. Beberapa fitur yang ditawarkan diantaranya, multi form, AJAX support pada saat submit, File attachment dan Timing & Submission limits. Anda bisa mendownload plugin ini di alamat http://bit.ly/cforms

Nah, mudah bukan? Ternyata form kontak seperti yang ada pada website-website perusahaan profesional dapat dibuat dalam hitungan menit. Ok, selamat mencoba :).

No comments:

Post a Comment