Toko online memiliki karakter yang berbeda dengan blog. Salah satu
perbedaan karakter tersebut terletak pada komentar. Blog adalah catatan pribadi
seseorang dimana pembaca diberikan ruang yang bebas untuk berkomentar, dan
penulis blog pun juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan pembacanya.
Sebaliknya, toko online biasanya tidak memiliki ruang untuk berinteraksi
semacam itu. Ruang interaksi pada toko
online biasanya menggunakan email atau messenger (mis. YM). Hal ini disebabkan, pada blog tidak menuntut
balasan yang cepat, sementara orang yang akan bertransaksi jual beli pada toko
online membutuhkan balasan yang cepat.
Nah, yang menjadi poin penting pada posting ini adalah, bagaimana jika toko
online kita dibangun diatas mesin blog seperti wordpress? Apakah masih perlu
adanya komentar?
Jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Komentar jika
digunakan secara berlebihan akan merusak tampilan toko online. Namun disisi
lain, komentar bagus (rekomendasi) bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli
terhadap toko online kita.
Pada posting ini, akan ditunjukkan cara untuk mengaktifkan atau
menonaktifkan komentar.
Menonaktifkan Komentar Secara Global
Jika anda ingin
menonaktifkan komentar secara global, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
- Login sebagai admin di Wordpress
- Perhatikan panel Settings, lalu klik Discussion
- Lalu perhatikan Default article Settings
- Hilangkan tanda centang pada tulisan “Allow people to post comments on the article”. Menghilangkan tanda centang berarti menonaktifkan.
- Klik “Save Changes” untuk menyimpan perubahan
Menonaktifkan Komentar Pada Posting atau Pages
Selain bisa menonaktifkan
komentar secara global, anda juga bisa menonaktifkan komentar pada Posting atau
Page secara individual. Bedanya apa? Jika anda mematikan komentar secara
global, maka seluruh Posting dan Pages akan mati fitur komentarnya. Namun, jika
anda mematikannya secara individual, maka hanya Posting dan Pages yang
bersangkutan yang akan mati fitur komentarnya, sementara yang lain masih tetap
bisa.
Untuk
mematikan/menonaktifkan fitur komentar secara individual, ikuti langkah
berikut.
- Lihat panel Discussion pada saat menulis Posting atau Pages.
- Hilangkan tanda centang pada “Allow Comments”
Demikian tutorial singkat ini. Rekomendasi saya, pada halaman Posting dimana memuat display produk, matikan/nonaktifkan komentar karena akan mengganggu display. Namun untuk menjembatani pelanggan yang bertanya atau malah mau memberikan rekomendasi, buatkan satu Page khusus untuk komentar, misalnya buatkan Page dengan judul Testimoni. Selamat mencoba!.
Sebaiknya kalo buat toko online comment dihilangkan, karena sering disalahgunakan oleh pesaing kita untuk meninggalkan link.
ReplyDelete