Monday, March 25, 2013

Menonaktifkan Komentar Pada Toko Online Wordpress



Toko online memiliki karakter yang berbeda dengan blog. Salah satu perbedaan karakter tersebut terletak pada komentar. Blog adalah catatan pribadi seseorang dimana pembaca diberikan ruang yang bebas untuk berkomentar, dan penulis blog pun juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan pembacanya. Sebaliknya, toko online biasanya tidak memiliki ruang untuk berinteraksi semacam itu. Ruang interaksi pada toko  online biasanya menggunakan email atau messenger (mis. YM).  Hal ini disebabkan, pada blog tidak menuntut balasan yang cepat, sementara orang yang akan bertransaksi jual beli pada toko online membutuhkan balasan yang cepat.
Nah, yang menjadi poin penting pada posting ini adalah, bagaimana jika toko online kita dibangun diatas mesin blog seperti wordpress? Apakah masih perlu adanya komentar?
Jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Komentar jika digunakan secara berlebihan akan merusak tampilan toko online. Namun disisi lain, komentar bagus (rekomendasi) bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap toko online kita.
Pada posting ini, akan ditunjukkan cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan komentar.
Menonaktifkan Komentar Secara Global
Jika anda ingin menonaktifkan komentar secara global, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Login sebagai admin di Wordpress
  2.  Perhatikan panel Settings, lalu klik Discussion
  3. Lalu perhatikan Default article Settings
  4.  Hilangkan tanda centang pada tulisan “Allow people to post comments on the article”. Menghilangkan tanda centang berarti menonaktifkan.  
  5. Klik “Save Changes” untuk menyimpan perubahan 


Menonaktifkan Komentar Pada Posting atau Pages
Selain bisa menonaktifkan komentar secara global, anda juga bisa menonaktifkan komentar pada Posting atau Page secara individual. Bedanya apa? Jika anda mematikan komentar secara global, maka seluruh Posting dan Pages akan mati fitur komentarnya. Namun, jika anda mematikannya secara individual, maka hanya Posting dan Pages yang bersangkutan yang akan mati fitur komentarnya, sementara yang lain masih tetap bisa.
Untuk mematikan/menonaktifkan fitur komentar secara individual, ikuti langkah berikut.
  1. Lihat panel Discussion pada saat menulis Posting atau Pages. 
  2.  Hilangkan tanda centang pada “Allow Comments”

Demikian tutorial singkat ini. Rekomendasi saya, pada halaman Posting dimana memuat display produk, matikan/nonaktifkan komentar karena akan mengganggu display. Namun untuk menjembatani pelanggan yang bertanya atau malah mau memberikan rekomendasi, buatkan satu Page khusus untuk komentar, misalnya buatkan Page dengan judul Testimoni. Selamat mencoba!.

1 comment:

  1. Sebaiknya kalo buat toko online comment dihilangkan, karena sering disalahgunakan oleh pesaing kita untuk meninggalkan link.

    ReplyDelete